Peletak kan sesajen kecil disetiap pojok sawah

 

Acara Petik Padi ini juga termasuk dalam acara bersih Desa Sukorejo Wetan. Acara petik padi ini diadakan oleh pemerintah desa dan juga para petani, acara ini dilakukan untuk memanjatkan rasa syukur para petani atas kesuburan tanah yang diberikan Allah SWT. Tradisi ini biasa dilaksanakan mendekati masa panen raya.

Di Desa Sukorejo Wetan ini hampir 50% warga nya adalah Petani. Kegiatan itu sebagai bentuk rasa syukur, karena tanaman padi tetap tumbuh subur di tengah kelangkaan pupuk dan cuaca buruk.

Acara ini dipimpin oleh Bapak Kuselan (beliau juga selaku Perangkat Desa Sukorejo Wetan). Acara dimulai dengan meletakkan sesajen kecil disetiap pojok sawah yang akan dipetik padinya. Setelah meletakkan sesajen kecil masuk ke sesi pengeritan/pemetik kan padi yang akan selanjutnya akan diletakkan di tikar kecil dan digendong oleh Ibu Kepala Desa. Setelah acara pemetik kan tersebut selesai padi dibawa ketenda untuk didoakan bersama para tamu undangan (gendurenan).

Para Petani sangat besyukur atas acara ini berjalan dengan lancar dan berharap untuk tahun selanjutnya bisa mendapatkan hasil panen padi yang lebih berlimpah lagi.

Galeri

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?